Thursday 24 December 2015

Fakta Menarik Tentang Flora dan Fauna Langka di Indonesia

Fakta Menarik Tentang Flora dan Fauna Langka di Indonesia - yang dapat kita jadikan referensi untuk pengetahuan kita. Ini sambungan dari posting sebelumnya Fakta Menarik Tentang Keindahan Alam Indonesia.

Indonesia memang dilimpahi dengan kekayaan alam hayati yang tiada tara. Hutan yang terbentang di belasan ribu pulau mengandung berbagai jenis flora dan fauna, yang kadang tidak dapat dijumpai di bagian bumi lainnya dan merupakan salah satu negara Mega Biodiversity (kekayaan akan keanekaragaman hayati ekosistem, sumberdaya genetika, dan spesies yang sangat berlimpah). Tidak kurang dari 47 jenis ekosistem alam yang khas sampai jumlah spesies tumbuhan berbunga yang sudah diketahui, sebanyak 11 % atau sekitar 30.000 jenis dari seluruh tumbuhan berbunga di dunia. Sayangnya, banyak jenis tumbuhan tertentu, mengalami kepunahan.

Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta tiga cabangnya (Kebun Raya Cibodas,Purwodadi, dan Bedugul Bali) baru mengoleksi 20 % total jenis tumbuhan yang ada di Indonesia. Koleksi anggrek kurang dari 5 % yang ada di Kawasan Timur Indonesia. Untuk jenis durian saja, Indonesia memiliki puluhan jenis, talas ada 700-an jenis, yang semuanya sangat potensial untuk dikembangkan. Menurut data base yang ada, terdapat 2 juta spesies tumbuhan di dunia dan 60%nya ada di Indonesia. Pemerintah kini terus berupaya untuk menyelamatkan berbagai kekayaan Sumbar Daya Alam berupa tumbuhan langka yang bermanfaat bagi manusia melalui usaha memperbanyak kebun raya, taman nasional, cagar alam dan daerah-daerah konservasi di seluruh Indonesia. Tidak bisa di bayangkan banyaknya jenis tumbuh-tumbuhan atau flora di dunia ini. Sampai saat inipun banyak kalangan ilmuwan yang berpendapat bahwa belum semua jenis flora yang ada di bumi telah dikenali.

Berikut Menarik Tentang Flora dan Fauna Langka di Indonesia
  1. Flora • Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus). Binatang endemik pulau Jawa dan hanya terdapat di TN. populasi hanya 20-27 ekor. • Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis). Populasi badak sumatera hanya 220-275 ekor (2007). • Macan Tutul Jawa atau Macan Kumbang (Panthera pardus melas) Subspesies ini populasinya kurang dari 250 ekor. • Rusa Bawean (Axis kuhlii) populasi antara 250-300 ekor (2006). • Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). populasinya tinggal 400-500 ekor. • Beruk Mentawai (Macaca pagensis). Satwa populasinya antara 2.100-3.700 ekor. • Orangutan Sumatera (Pongo abelii). populasinya sekitar 7.300 ekor (2004). • Simpei Mentawai (Simias concolor). Endemik Populasi 6.000-15.500 ekor (2006). • Kanguru Pohon Mantel Emas ( ). populasinya N/A. • Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso (Dendrolagus mbaiso). Endemik Papua Indonesia • Kera Hitam Sulawesi (Macaca nigra). Kera langka populasi sekitar 100.000 ekor.
  2. Balam Suntai (Palaquium walsurifolium), balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia. tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik.
  3. Bayur (Pterospermum sp). Tanaman langka indonesia ini memiliki nama daerah Balang, wadang, walang, wayu. bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.
  4. Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri). Tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30m.
  5. Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka).
  6. Damar, Kopal Keruling (Agathis labillardieri). Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
  7. Bunga Rafflesia hidup di Tama Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat.
Demikian sedikit informasi tentang Fakta Menarik Flora dan Fauna Langka di Indonesia semoga menambah pengetahuan kita tentang Flora dan Fauna Indonesia. Untuk melengkapi Fakta Menarik Lainnya silahkan kunjungi Fakta Menarik Indonesia Lainnya.
    


Posting Terkait:

No comments:

Post a Comment