Wednesday 23 December 2015

19 Fakta Menarik Tentang Bumi Kita

19 Fakta Menarik Tentang Bumi Kita - yang mungkin belum kamu ketahui, sebagian dari blogger mungkin saja sudah mengetahui bahwa Bumi adalah satu-satunya planet yang begitu unik karena menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Bumi berotasi pada porosnya dengan kecepatan yang diperkirakan mencapai 1.674 km/jam. Sementara itu Matahari sendiri bersamaan dengan semua planet yang ada di tata surya telah mengorbit pusat di Galaksi Bima Sakti melalui kecepatan hingga 800.000 km/jam. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup di alam semesta.


Planet ketiga dalam tata surya ini usianya diperkirakan mencapai ,6 milyar tahun. Pada masa tersebut, bumi sudah mengalami berbagai fase mulai dari fase penciptaan manusia pertama, berbagai hewan prasejarah, hingga nantinya bumi akan tiba pada pengujungnya.

Bumi menyimpan fakta-fakta menarik, namun ada beberapa fakta tentang bumi yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut 10 fakta menarik tersebut.

1. Bumi Tidak Berbentuk Bulat
Mungkin banyak orang mengetahui bahwa bumi berbentuk bulat, namun sebenarnya bumi berbentuk bulat pepat (oblate spheroid) sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian khatulistiwa.

2. Lempengan Tektonik
Bumi merupakan satu-satunya planet dari galaksi Milky Way yang memiliki lempengan tektonik.

3. Bumi Memiliki Energi Panas Sendiri
Selain sumber energi panas dari matahri, bumi juga memiliki energi panas sendiri yaitu dalam inti bumi, diperkirakan bahwa suhu inti memiliki panas mencapai 5.000-7.000 derajat Celcius atau sama dengan panas di permukaan matahari.

4. Bumi Adalah Planet Biru
Disebut demikian karena bumi 71% terdiri dari perairan dan sisanya adalah daratan. Hal ini dibuktikan oleh astronot yang pertama kali pergi ke luar angkasa dan melihat planet bumi itu sangat berwarna biru.

5. Bentuk Bumi Tidaklah Datar

Jika dilihat dari luar angkasa mungkin bumi terlihat mulus. Namun sebenarnya bumi tidaklah datar melainkan berelief yang artinya bumi terdiri dari berbagai bentukan seperti gunung, lembah, sungai, danau, laut dan lain-lain.

6. Bumi Memiliki Planet Kembar
Salah satu fakta menarik lainnya yaitu bahwa dulunya bumi memiliki planet kembar yang bernama planet Theia. Didalilkan 4,5 miliar tahun yang lalu sebuah tabrakan hebat terjadi antara planet bumi dan theia, akibat tabrakan tersebut terbentuklah bulan.

7. Memiliki Perbedaan Gravitasi
Beberapa tempat di bumi ini memiliki gravitasi berbeda-beda tergantung dari jarak ke inti bumi. Ini berarti bahwa karena tarikan gravitasi, Anda secara teknis lebih ringan atau lebih berat di lokasi tertentu. Meskipun Anda tidak akan pernah merasakannya.

8. Planet Tercerah
Diketahui bahwa planet Venus merupakan planet yang terang. Namun bumi lebih terang jika dilihat dari luar angkasa karena memiliki warna biru cerah.

10. Bumi Memiliki Titik Tertinggi Dan Titik Terdalam
Bentuk bumi ini tidaklah datar maka akan ada suatu titik tertinggi dan terdalam. Titik tertinggi bumi yaitu gunung Everest setinggi 8.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di Samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter.

11. Bumi Satu-Satunya Planet Yang Dihuni Mahluk Hidup
Tuhan menciptakan bermilyar-milyar planet atau lebih atau tak hingga, namun hanya planet bumi yang mendukung untuk tempat makhluk hidup tinggal. Selama ini penelitian-penelitian dilakukan untuk mencari kehidupan lain, namun hasilnya belum ada sampai sekarang.

12. Planet Bumi Terlihat Kecil di Seluruh Alam Semesta
Bumi memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan Matahari, terlebih lagi ukuran antara  planet bumi dan Matahari terlihat begitu kontras. Pasalnya dengan sebanyak 109 kali bumi dapat di muat dalam diameter Matahari, bahkan hampir 13.000.000 kali lipatnya saja dari bumi dapat masuk ke dalam Matahari hingga keseluruhan. Berdasarkan ukurannya, Matahari mencakup sebesar 333.000 kali dari massa bumi serta terdiri atas 99,8% massa yang ada di tata surya.
Baca juga Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya.

13. 95%  Lautan di Bumi Masih Menjadi Misteri
Walaupun lautan yang ada di bumi mencapai 71% pada permukaan bumi, namun kenyataannya hanya sebesar 5% saja lautan yang sudah dieksplorasi. Hal ini berarti, sisa lautan yang ada di bumi sendiri masih menjadi misteri. Sementara itu, cahaya matahari saja hanya mampu menembus hingga kedalaman 275 meter. Sedangkan sebagian dari air laut berwarna gelap dengan kedalaman sekitar 30 meter. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa tak sedikit area yang gelap belum tereksplorasi.

14. Kutub Selatan dan Utara Dapat Bertukar Tempat
Magnetik yang ada di Kutub Selatan dan Kutub Utara dapat berbalik, hal ini diperkirakan sebagai siklus alami dari bumi. Apabila hal ini terjadi, akibatnya putaran rotasi pada planet bumi bisa terbalik. Selain itu pernyataan tersebut diperkirakan sudah terjadi hingga berkali-kali di masa lampau, dengan begitu akan terulang kembali di masa depan. Berdasarkan batuan vulkanik sendiri mengungkapkan di mana keadaan tersebut diperkirakan terjadi terakhir kali pada 780.000 tahun lalu. Hal ini berarti bahwa kita telah memasuki fase selanjutnya dalam siklus tersebut.

15. Bumi berasal dari kata Anglo Saxons
Nah mungki bagi mahasiswa fakultas Hukum tahu istilah Anglo Saxson ini. Mengapa bumi kita disebut bumi? Dari mana kata itu berasal? Sebenarnya nama-nama planet ini disesuaikan dengan nama dewa-dewi dalam metologi Yunani, namunn tidak demikian dengan bumi yang berasal dari kata Anglo Saxons. Dimana Bumi (earth) dari kata Anglo-Saxon yakni kata Erda yang bermakna  tanah. Akan tetapi faktanya 71 persen dari unsur bumi kita adalah air dan bukan tanah.  Dan perlu diketahui bahwa bumi satu-satunya planet yang memiliki unsur air.

16. Dalam Faktanya Sehari Tidak 24 Jam
Sebenarny bumi berotasi pada porosnya dengan memakan waktu 23 jam 56 menit, 4 detik. Ada selisih 4 menit dalam satu hari dengan rotasi bumi. Perbedaan tersebut disebabkan karena pengunaan patokan yang berbeda. Hari Surya menggunakan Matahari sebagai acuan, sementara Hari Sideris menggunakan bintang-bintang sebagai acuan.

17. Orbit Bulan Sempurna
Berdasarkan penelitian, bulan memiliki pusat tata surya sekitar 6.000 meter lebih dekat ke bumi. Seharusnya dengan jarah tersebut orbit bulan tidak menentu, namun tidak demikian faktanya. Karena ternyata orbit bulan melingkar sempurna. Ada sebuah fenomena alam unik yakni ketika matahari tampak 400 kali lebih besar daripada Bumi dan 400 kali lebih jauh dari Bumi yang membuat matahari dan bulan tampak berukuran sama di langit Bumi. Sebuah Ke-Esaan Tuhan yang lain.

18. Samoedera Belum Tereksplorasi Sepenuhnya

Saat ini ilmuan tengah sibuk-sibuknya mengeksplorasi mars dan planet lainnya di tata surya. Namun mereka melupakan untuk mengeksplorasi samudra. Faktanya hingga saat ini, samudra baru dieksplor sekitar 10%. Saat ini tercatat sekitar 212.906 spesies makhluk laut, ini berarti masih ada sekitar 25 juta lebih spesies yang belum tereksplorasi. 

19. Everest Bukan Titik Tertinggi di bumi
Selama ini diketahui bahwa Mount Everest adalah puncak tertinggi di bumi dengan tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut.  Tapi sebenarnya puncak tertinggi dimiliki oleh puncak Mauna Kea yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Mauna Kea memang hanya memiliki ketinggian 4.205 meter. Jumlah ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Namun Mauna Kea sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Dan jika diukur dari kaki gunung, secara total, tinggi Mauna Kea lebih dari 10 ribu meter. Tentu saja Mauna Kea lebih tinggi dibandingkan gunung Everest.

Sementara ini begitulah 19 Fakta Menarik Tentang Planet Bumi yang menarik dan mungkin baru sama-sama kita ketahui. Bumi memang menunjukan sesuatu yang menakjubkan. Planet Bumi hanyalah bagian kecil dari teka-teki yang jauh lebih besar, namun demikian kalau kita lihat secara parsial dari planet bumi termasuk salah satu yang luar biasa.

Kalau kawan-kawan blogger punya informasi tentang Keunikan atau Fakta Bumi bisa di share pada kolom komentar. Silahkan Baca juga Fakta Menarik Tentang Indonesia.

*)Informasi ini diambil dari berbagai sumber


Posting Terkait:

No comments:

Post a Comment