Wednesday 30 December 2015

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata - Mata merupakan salah satu organ pada tubuh kita yang sangat berharga yaitu sebagai indara penglihat. Apabila kita memiliki Mata yang sehat maka keindahan dunia beserta isinya dapat kita nikmati. Untuk menghindari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi maka kita harus menjaga dan merawatnya. Berikut kami berikan tips menjaga kesehatan mata !!!


Barangkali kita sering sekali mendengar banyak nama penyakit mata yang mungkin tidak asing seperti miopi atau rabun jauh dan dekat, presbiopi atau tidak dapat melihat yang jaraknya jauh dan atau dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, bahkan buta warna yang tidak dapat membedakan warna. Penyakit tersebut dapat menimpa mata siapa aja. Misalnya miopi yang banyak menimpa kaum pelajar dan mereka yang sangat hobi atau gemar dalam membaca buku.

Agar lebih jelas dan memahaminya berikut ini tips mudah menjaga kesehatan mata:

1. Berikan Jarak Saat Membaca Buku. Membaca buku pada jarak yang ideal yaitu yang sudah direkomendasikan para ahli yaitu sekitar 30 cm. Tujuannya adalah untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat. Ini sangan kami sarankan bagi para pelajar atau mahasiswa yang gemar atau hobi membaca buku. (Seperti kata pepeatah buku adalah sumber peradaban)

2. Hidari Membaca Sambil Tiduran. Baik itu membaca buku langsung mauoun di gadget. Hal tersebut mungkin sangat mengganggu kesehatan mata kita dan kemungkinan dapat terkena miopi.

3. Pencahayaan Saat Membaca. Jangan menggunakan penerangan terlalu redup apalagi gelap ketika belajar maupun membaca itu akan sangat mengganggu konsentrasi belajar kita dan berefek pada mata.

4. Bukan hanya pikiran yang harus di Istirahatkan Mata pun harus di Istirahatkan. Mengistirahatkan mata tatkala mata sudah terlalu lama di depan layar komputer atau gadget saat mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya. Karena ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

5. Hidari Mengucek Mata. Mengusahakan agar tidak mengucek-ucek mata ketika tangan dalam keadaan kotor atau sehabis memegang sesuatu benda yang tidak steril. Tangan yang tidak bersih atau kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata. Karena mata sangat sensitif.

6. Mengedipkan Mata. Mengedipkan mata dengan intensitas agak dipercepat atau ditambah ketika mata kita sedang fokus melihat sesuatu benda terlalu lama seperti komputer, gadget dan benda-benda yang mengandung cahaya lainnya.

7. Berkan Makan Mata. Memakan makanan untuk kesehatan mata seperti buah wortel karena jenis makanan ini yang paling baik untuk kesehatan mata. Karena buah Wortel banyak mengandung vitamin (A) yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.

Demikianlah Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata, Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan tentang pentingnya merawat dan menjaga kesehatan mata.


Posting Terkait:

No comments:

Post a Comment